Jumat, 22 Januari 2016

Meneladani Shalat Berjamaah dalam Menjalankan Kepemimpinan pada berbagai Ruang Lingkup

Kepemimpinan adalah satu kata yang sederhana namun memiliki proses. Kepemimpinan diambil dari kata Pemimpin yang bisa dimaknai sebagai orang yang dituakan atau dihormati. Namun kepemimpin mempunyai banyak aspek. kalat lain dari kepemimpinan adalah manajemen yang mempunyai fungsi perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi. Konsep kepemimpinan dalam Islam dapat kita pahami sebagai proses pelaksanaan organisasi masjid sebagai wadah hubungan spiritual dan juga wadah hubungan sosial. Sehingga Masjid menjadi simbol organisasi yang mempunya manajemen yang memiliki karakteristik good organization seperti transparan, akuntabel dan memiliki visi dan misi yang tertuang dalam tujuan pembangunan Masjid. Berikut adalah alasan mengapa Masjid sebagai contoh kepemimpinan yang relevan :
Imamah dapat kita maknai sebagai Kepemimpinan yang merupakan suatu konsep kepemimpinan yang menjadi istilah dalam Islam, sehingga kepemimpinan telah tertanam dalam Islam sejak kedatangannya.
Jamaah adalah bagian dari Imamah yang bisa diartikan anggota
Imam adalah orang yang memimpin proses Imamah
Jam'iyah adalah wadah atau organisasi, yang dalam filosofi sholat berjamaah, Masjid adalah wadah yang paling tepat.
Dalam sholat berjamaah diwajibkan mengangkat seorang Imam yang akan memimpin sholat, apabila jumlah pengikut (makmum lebih dari 1 orang) maka Imam harus berdiri di depan agar bisa dibedakan antara imam (pemimpin) dengan makmum (Pengikut).
Selanjutnya kita akan membahas kriteris Imam (pemimpin) sesuai filosofi sholat berjamaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar